Saya Sebel Dikasih Tugas Bu Capri






Saya sebel dapat tugas dari Bu Capri. Berawal dari observasi beliau di kelas-kelas kami lalu berlanjut dengan evaluasi dan tugas mengirimkan foto pembelajaran sekali setiap hari. Berdasarkan evalusia beliau untuk pelajaran yang saya ampu yakni mapel Kimia, Fisika dan IPA jika melakukan praktikum sebaiknya satu per satu agar siswa lebih paham. Gambar di atas merupakan gambar praktikum kelas 11 IPA bab faktor-faktor  yang mempengaruhi laju reaksi untuk bagian luas permukaan bahan. 

Saya sebel dapat tugas dari Bu Capri.  Foto selanjutnya yang saya kirim ke beliau yakni kelas 12 IPA bab ion komplek dengan aktivitas membuat ligan. Sebelum dapat tugas dari Bu Capri, dulu saat mengajar teori tentang bab ini saya cukup menjelaskan sambil diiringi lagu aransement. Alhamdulillah setelah dapat tugas dari beliau saya kreasikan dengan membuat model ligan ion komplek menggunakan plastisin dan tusuk gigi.

Saya sebel dikasih tugas sama Bu Capri. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menunaikan tugas itu. Dari konsep pembelajaran, setting tempat sampai penyediaam peralatan.



Saya sebel dikasih tugas dari Bu Capri. Tugas beliau membuat saya harus berpikir kreatif dan memutar ulang memori saya tentang webinar-webinar metode pembelajaran yang menyenangkan. Untuk IPA memang dapat tertolong dengan praktikum karena rata-rata siswa kita bertipe kinestetik dalam belajar. Hanya saja jika selalu praktikum tentu untuk bab yang bersifat abstrak tidak dapar dilakukan. Oleh karena itu salah satu metode lain yang saya gunakan yakni dengan menggunakan teknik permainan.


Komentar

  1. saya tunggu penutup sebel nya...

    BalasHapus
  2. wah keren nih, kapan-kapan collab MIPA pakai permainan ular tangga heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. janji mesti ditepati lho ya, saya lihat kelas Pak Hartono terus boleh collab

      Hapus
  3. sangat inisiatif metodenya tapi anak IPS malah ikutan,... heeemmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya anak IPS diisi siapa ya Pak Arifin😅

      Hapus
  4. Lain kali aku ikut praktikum yaaaaaaaa

    BalasHapus
  5. Anak-anak memang lebih nyimak kalau sambil bermain Bu

    BalasHapus
  6. Antara sebel dan menyenangkan ya bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebel yang bermetamorfosis jadi senang betul😄

      Hapus
  7. Saya tunggu ide ide cemerlangnya bu agar bisa saya terapkan di kelas ips

    BalasHapus
  8. Medianya bagus, apakah anak2 antusias dan konsepnya masuk ?

    BalasHapus
  9. Seru sekali bisa praktik-praktik dan main games sambil belajar ipa ya buk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menebus Rindu

Dari Tunggal Kembali Manunggal (Hikayat 1001 Malam)

Letting Go: Perasaan dan Kemampuan Menjual