Pagi Kita di Dua Pekan

Sistem terbaru dari SPSS mengharuskan para siswa belajar lebih awal dan jadwal latihan ditukar menjadi agak siang setelah pulang sekolah. Alhamdulillah sebelum masuk kelas para siswa sudah disediakan makanan pengganjal perut seperti roti, pisang goreng, jagung rebus, ketela rebus atau sebagainya. Dengan sistem yang seperti ini maka para siswa SPSS ikut merasakan apa yang dialami sekolah-sekolah yang lain di Indonesia yang rata-rata masuk pukul 07.00 WIB. Foto-foto kegiatan selama pembelajaran saat sistem baru ini diterpakan juga wajib kita kirimkan ke Bu Capri sebagai  konsultan pendidikan SPSS. Berikut foto yang sempat saya ambil saat di kelas X untuk mapel IPA baik X-Red maupun X-Blue. 



Sempat sekali saya menerapkan praktikum di kelas X-Blue untuk materi impuls - momentum yang menggunakan kelereng sebagai bahannya. Aktivitas praktikum itu dilakukan untuk kelas X-Blue ketika alokasi jam pelajaran yang tersedia 24 menit untuk 1 JP. Alhamdulillah lumayan dapat terlaksana meskipun materinya baru disampaikan beberapa saat sebelum jam pembelajaran berakhir. Berbeda dengan kelas X-Red yang mendapatkan alokasi 17 menit untuk 1 JP saya tidak menggunakan metode praktikum tetapi langsung menerangkan dengan diawali apersepsi untuk membayangkan diri saat para siswa bermain kelereng.  Kelas selanjutnya yang saya ampu adalah kelas XI IPA dengan foto-foto aktivitas pembelajaran sebagai berikut :

 

Untuk kelas XI IPA saya menggunakan lab IPA sebagai ruang kelas sehingga para siswa secara tidak langsung juga mengalami sistem moving class. Mereka harus berpindah dari ruangan kelas XI di lantai dua untuk menuju lab IPA yang ada di lantai pertama. Terlihat di atas mereka menggunakan laptop sebagai media pembelajaran dan ada juga sesi saat mereka menulis di lembar kerja ataupun buku tulis. Karena ini kelas kecil maka hal ini cukup memudahkan saya untuk tidak perlu menggunakan proyektor saat melihat berbagai video praktikum baik untuk mapel Fisika maupun Kimia. Kelas terakhir yang saya ampu yakni kelas XII IPA dengan foto-foto pembelajaran sebagai berikut:



Kelas 12 lebih membutuhkan latihan soal-soal sebagai persiapan untuk menghadapi tes-tes masuk universitas yang menjadi impian mereka. Seperti kelas XI IPA, kelas ini juga termasuk kelas kecil yang mengalami moving class. Selain itu untuk kelas kecil saya selalu membawa papan tulis agar saat pembelajaran saya dan para siswa dapat duduk melingkar. Begitulah refleksi tentang aktivitas pembelajaran yang sudah berjalan dua pekan ini untuk sistem terbaru di SPSS. Keep learning. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menebus Rindu

Dari Tunggal Kembali Manunggal (Hikayat 1001 Malam)

Letting Go: Perasaan dan Kemampuan Menjual