Workshop 3

Pekan kedua dari workshop yang kita ikuti mengangkat tema dan diisi oleh pembicara yang pastinya berbeda dengan pekan sebelumnya. Tema pada pekan ini yakni Membuat Media Pembelajaran Animasi dengan Menggunakan Paint 3D. Adapun pembicara pada hari Selasa ini berasal dari SD Negeri Kanjeran 248 Surabaya atas nama Mbak Salma Nabila, S.Pd.

Tiga hal baru yang didapat antara lain pengetahuan, praktik dan contoh imajinasi sang pembicara dalam mengeksplore Paint 3D. Misal saat kita ingin membuat bentuk yang bebas sesuai dengan keinginan kita maka kita cukup memilih sharp edge. Ada juga 3D library tempat yang menyediakan animasi yang dapat langsung digunakan atau pun tempat untuk menyimpan animasi yang telah kita buat. Praktik yang dilakukan seperti mengoperasikan mouse dengan klik kiri untuk memilih semua bagian animasi yang sedang kita buat, tombol scroll tengah itu untuk menggeret ke kiri dan ke kanan seluruh scene, tombol kanan untuk memutar animasi. Imajinasi pembicara yang disajikan berupa animasi mobil-mobilan, kerangka limas, perahu, ruangan dalam kamar dan masjid. Meskipun kita mungkin terbiasa melihat bentuk-bentuk tersebut hanya saja Mbak Salma dapat menyajikannya secara langsung saat diminta oleh para peserta untuk memberi contoh.

Dua hal yang patut ditiru, pertama  berupa kesabaran Mbak Salma pembicara pembicara saat melayani permintaan para peserta untuk membuatkan contoh animasi serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Lalu, hal kedua yang patut ditiru yaitu kepiawaian Pak Sigid selaku moderator. Contohnya saat Mbak Salma membuat bentuk-bentuk dengan paint 3D serta merta Pak Sigid bertanya apakah ini para peserta langsung diminta praktik atau menyimak terlebih dahulu. 

Satu hal yang akan mulai dilakukan menggunakan paint 3D tidak hanya untuk edit gambar yang sebelumnya memang itu hal yang saya ketahui. Ke depan saya mencoba memanfaatkan paint 3D untuk membuat, menyimpan atau pun mengedit animasi.

Terima kasih Mbak Salma atas ilmu dan kesabarannya membimbing kami. InsyaAllah ilmunya senantiasa dalam dekapan keberkahanNya. Aamiin😊🙇‍♀️

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menebus Rindu

Dari Tunggal Kembali Manunggal (Hikayat 1001 Malam)

Letting Go: Perasaan dan Kemampuan Menjual