Puncak P5 KWU

Setelah berkutat dengan project P5 MIPA kita berlanjut untuk menunaikan project P5 KWU. Pelaksanaan project P5 untuk KWU kali ini cukup singkat jika dibanding dengan project-project sebelumnya. Sekitar dua pekan project ini berjalan yang dimulai dengan pembagian kelompok yang memdapatkan amanah menuntaskan tugas sehingga dapat memperoleh modal untuk sesi selanjutnya yakni bazar alias membuka lapak. 

Dari sesi mencari modal para siswa mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana jerih payah dalam bekerja. Kelas X-Red "bekerja" membantu membersihkan koridor bawah, koridor atas, lab IPA, lab komputer, perpustakaan dan dapur. Ada salah satu siswa yang berceletuk bahwa capek juga ya ternyata bekerja itu. Berharap dengan merasakan jerih payahnya bekerja seperti dalam project KWU kali ini semoga ke depan para siswa dapat lebih menghargai proses untuk mendapatkan sesuatu.

Alhamdulillah kelas X-Red memperoleh modal penuh yang kemudian digunakan untyl berjualan jasuke. Ide jualan jasuke tersebut disepakati kelas X-Red dibandingkan ide saya untuk berjualan buku dengan pertimbangan agar tidak ribet. Pemgalaman dari project sebelumnya, ide jasuke pun terwujud karena murni dari mereka. Dari hal ini para siswa belajar untuk mengambil keputusan dan saya belajar untuk menerima keputusan mereka. 

Saat menyiapkan bahan-bahan dasar jasuke seperti mengiris jagung alhamdulillah mereka antusias. Semua jagung diiris secara bergantian karena keterbatasan pisau yang ada. Lalu di puncak project KWU para siswa terlatih untuk saling membantu dalam menyiapkan stand, menawarkan jasuke, melayani pembeli dan membuat vlog. Setelah jasuke terjual habis para siswa menghitung hasil penjualan secara bersama-sama.

Untuk hal yang perlu diperbaiki itu terkait waktu pelaksanaan yang kurang bisa bersamaan. Ada lapak yang sudah buka, tetapu ada lapak yang masih prepare. Perbaikan yang lain sebaiknya ada lanjutan setelah bazar yang berupa presentasi setiap kelas untuk menceritakan konsep bazar yang diusung dan mendatangkan narasumber dari wali murid untuk sharing pengalaman tentang suka-duka di dunia bisnis. 

Dan jika ke depan ada lagi program KWU saya akan lebih mengeksplore ide-ide para siswa. Tidak hanya ide tentang apa yang akan dijual tetapi juga ide untuk mencari sponsor agar dapat menambah modal maupun memberi support dalam bentuk lain. Begitu kira-kira plan ke depan dalam project KWU. Selanjutnya kita akan beralih ke project literasi. Ditunggu tanggal mainnya😊🙇‍♀️






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menebus Rindu

Dari Tunggal Kembali Manunggal (Hikayat 1001 Malam)

Letting Go: Perasaan dan Kemampuan Menjual