Santunan 1000 Anak Yatim

Ramadhan kurindu,

ingin bertemu.

Siapkan hatiku,

juga hatimu.

Begitulah lirik lagu dari DNA Aditya untuk menyambut ramadhan. Alhamdulillah pada Ramadhan tahun 1444 H ini untuk penentuan puasa pertama bagi dua ormas Islam terbesar di Indonesia memulainya secara bersamaan. Baik dengan peneropongan hilal maupun perhitungan tanggal ternyata mengalami titik temu sehingga diharapkan hal tersebut insyaAllah pasti akan menambah keberkahan di bulan suci khususnya bagi negara tercinta ini. 

Dan tepat di tanggal 1 Ramadhan 1444 H atau hari Kamis 23 Maret 2023 untuk tahun masehi Yayasan Safin Bina Bangsa juga mengisi keberkahan bulan suci ini dengan mengadakan acara satunan 1000 anak yatim. Acara ini diadakan dalam rangka  tasyakuran atas keluarnya ijin resmi untuk Universitas Safin Pati. Alhamdulillah saat acara berlangsung cuaca cerah meski dari kejauhan terdengar suara guntur menggelegar.

Kita para guru yang semula bertugas untuk mengkondisikan para siswa juga diminta untuk membantu mempersiapkan acara. Ada yang memasukkan berbagai ubo rampe ke dalam tas; ada yang membuat minuman; ada yang menata isi nasi box; bahkan saat acara hampir selesai ada yang membagikan es krim dan amplop uang santunan kepada para tamu pilihan. Dan selama di SPSS, baru kali ini saya menemui penjamuan yang membutuhkan lumayan banyak tenaga terutama pada bagian konsumsi. 

Untuk acara dimulai setelah ashar dengan pertunjukan rebana sebagai pengisi waktu sembari menunggu kehadiran para tamu. Lalu Bu Denis dari Fakultas Hukum bertindak sebagai MC membuka acara tersebut yang dilanjutkan dengan pembacaan Al Quran oleh Pak Rozak. Setelah itu sambutan demi sambutan disampaikan oleh pihak-pihak terkait seperti Pak Murtono selaku rektor USP dan Pak Safin sebagai pembina yayasan. Ada hal yang membuat saya pribadi kaget saat Pak Safin memberikan sambutan karena beliau menyatakan bahwa SMA juga sudah mendapatkan ijin operasional. Berharap kabar baik itu segera diiringi dengan ijin resmi dari Dinas Pendidikan Provinsi melalui Pak Sigit atau Pak Arifin. 

Inti acara santunan 1000 anak yatim dalam rangka tasyakuran ini diisi dengan pengajian dari Ustadz Mukromin. Beliau menasehati kita yang hadir agar senantiasa berderma khususnya untuk anak yatim. Rasa kasih sayang dengan berderma pada yang lemah terutama anak yatim akan melembutkan hati-hati kita. Selain itu kita juga akan mendapatkan balasan pahala yang berlipat dari Allah dengan syarat adanya keikhlasan, dalam arti tidak ingin mendapatkan pujian dari manusia. Di tambah lagi dengan berderma saat bulan Ramadhan maka pahala itu akan semakin melimpah. Di akhir beliau menutup dengan doa. Doa untuk semua yang datang, doa bagi yayasan dan terkhusus doa untuk Pak Safin. Semoga doa-doa tersebut diijabah Allah. Aamiin

Acara pun selesai. Para tamu berinjak pulang. Ada yang pulang bergerombol ada pula yang pulang satu per satu. Kita para guru pulang rata-rata setelah maghrib jadi buka terlebih dahulu di sekolah. Menu buka yang spesial di puasa hari pertama ini adalah es cream coklat pilihan saya. Lezatos😋

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menebus Rindu

Dari Tunggal Kembali Manunggal (Hikayat 1001 Malam)

Letting Go: Perasaan dan Kemampuan Menjual