Siang Menjelang Sore

Rabu siang itu para guru dan coach serra karyawan belajar Bahasa Inggris bersama Bu Ima dengan topik "In The Cafetaria". Peserta kali ini alhamdulillah lebih banyak dibanding dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya. Rencana awal kita akan belajar pukul 11.00 WIB dan pertemuan mingguan kita dengan Bu Capri diharapkan dapat dimulai pukul 13.00 WIB. Hanya saja selang beberapa saat ada info bahwa karena ada latihan maka belajar Bahasa Inggris diundur menjadi pukul 13.00 WIB  sehingga rapat bersama Bu Capri akan dimulai pukul 14.15 WIB.

Siang menjelang sore itu kita membahas persiapan rangkaian acara selama bulan dengan PIC atas nama Pak Bayu. Hikmah yang dapat dipetik saat membahas hal tersebut bahwa Bu Capri mendidik kita untuk tidak mudah dalam meminta meskipun itu nanti akan digunakan untuk membagi takjil. Lebih baik kita mendidik para siswa untuk beramal atau bekerja sehingga membuahkan hasil. Jadi akan terasa ada kepuasan dan lebih memberikan kesan yang baik daripada hanya meminta tanpa ada usaha. 

Agenda kedua kita membahas persiapan hari pendidikan dengan Bu Mila sebagai PIC. Semula kita akan membuat batik jumputan pada tanggal 2 Mei dan ternyata pada tanggal tersebut diperkirakan para siswa belum kembali ke asrama sehingga plan pun diubah.  Kita merencanakan tanggal 13 Mei 2023 sudah dapat mulai membuat batik jumputan sesuai dengan warna kelas masing-masing dan tanggal 20 Mei akan ada fashion show dengan mengenakan batik jumputan buah karya sebelumnya. 

Untuk pembahasan perijinan sekolah masih menunggu info resmi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Besar harapan kita agar ada kabar yang menggembirakan yakni mendapatkan ijin resmi operasional SMA Terpadu Bina Bangsa. Meskipun masih ada catatan terkait sertifikat tanah untuk sekolah tetapi untuk terus berharap dan berdoa yang terbaik sebaiknya tidak boleh putus karena memang itulah hal yang secara pribadi dapat saya lakukan. 

Tambahan pembahasan yang disampaikan dalam pertemuan waktu itu yakni tentang jadwal ujian sekolah dan persiapan wisuda. Ternyata sebentar lagi atau lebih tepatnya tanggal 7 April 2023 para siswa kelas 12 SMA sudah tidak lagi mengenyam pendidikan di sini. Oleh sebab itu perlu segera ada persiapan wisuda dengan Pak Macfud yang terpilih menjadi ketuanya. 

Di akhir sesi kita dilatih berbicara Bahasa Inggris oleh Bu Capri dengan mempraktikkan conversation yang telah diajarkan oleh beliau, Pak Ivan, Pak Macfud dan Bu Ima. Satu hal yang sungguh menjadi perhatian saya adalah kita tidak perlu tertawa atau membetulkan jawaban teman yang kurang sesuai saat praktik. Secara tidak langsung hal tersebut menunjukkan bahwa Bu Capri juga mendidik kita agar menjadi pribadi  yang dapat menahan diri dan  menghormati teman yang sedang belajar. "Repeat again", itulah kata yang disampaikan Bu Capri saat ada spelling yang kurang tepat sehingga ada kesempatan untuk memperbaiki. Jadi kesalahan itu bukan untuk ditertawakan atau langsung dibetulkan, lebih tepat bahwa kesalahan itu untuk dipelajari agar ada perbaikan yang berkesan sehingga ada proses pembelajaran untuk semua.Terima kasih Bu Capri dan teman-teman atas pertemuan siang menjelang sore itu. Keep learning.😊🙇‍♀️




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menebus Rindu

Dari Tunggal Kembali Manunggal (Hikayat 1001 Malam)

Letting Go: Perasaan dan Kemampuan Menjual