Workshop 4

Belajar bersama Mbak Salma lagi seperti pada dua hari yang lalu. Masih dengan tema yang sama tentang animasi untuk media pembelajaran. Animasi yang di zaman digital yang begitu menjamur ternyata juga merambah ke sektor pendidikan dan diharapkan dapat membuat pembelajaran semakin atraktif serta menarik.

Tiga hal baru yang didapat di pertemuan kedua bersama Mbak Salma antara yang pertama tentang teknik membuat kanvas menjadi berwarna. Kanvas yang biasanya tersedia dengan dasar putih dapat diubah menjadi beragam warna menggunakan brush. Kedua tentang penggabungan animasi yang dibuat dengan animasi yang ada di 3D library. Animasi template yang ada di 3D library juga dapat di modifikasi dengan memanfaatkan toolbar yang ada di paint 3D seperti diberi tambahan keterangan yang berupa teks. Ketiga tentang membuat avatar dari sharp edge yang bagian model lalu dijadikan dalam posisi menunggang kuda. Untuk membuat avatar bisa terlihat naik kuda memang harus menggunakan strategi tubuhnya dimasukkan ke dalam punggung kuda lalu ditambah dengan kaki yang dibuat dari bagian soft edge.

Dua hal yang patut ditiru adalah gaya penyampaian Mbak Salma dalam menyajikan materi workshop dan  konsistensi moderator yakni Mbak Rima dalam mengingatkan tugas. Gaya pemyampaian Mbak Salma lumayan runtut dari pembuatan animasi sebagai media pembelajaran sederhana seperti penjumlahan untuk SD lalu dilanjutkan dengan pembuatan animasi nukleus yang kompleks untuk jenjang yang lebih tinggi. Lalu Mbak Rima sebagai moderator juga patut ditiru karena mengingatkan tugas untuk peserta pada sesi awal dan penutup acara. Selain itu di awal Mbak Rima juga mengingatkan Mbak Salma untuk menyampaikan review pada pertemuan sebelumnya. 

Satu hal yang akan dilakukan yakni memggunakan animasi sebagai media pembelajaran terutama untuk animasi-animasi yang ada di 3D library. Di 3D library ternyata ada beragam animasi makhluk hidup yang cocok untuk media pembelajaran sains yang sesuai dengan bidang studi saya. Beragam animasi makhluk hidup tersebut saat digunakan sebagai media pembelajaran akan menjadi model yang real bagi para siswa sekalipun tidak dapat dipegang dalam bentuk nyata tiga dimensi tetapi dapat dilihat dalam bentuk wujud gambar tiga dimensi.

Untuk pekan selanjutnya kita akan belajar lagi di hari yang sama, Selasa dan Kamis dengan tema yang berbeda. Tema yang menarik dan pembicara yang sudah expert tentunya. See U nex time๐Ÿ˜Š๐Ÿ™‡‍♀️

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menebus Rindu

Dari Tunggal Kembali Manunggal (Hikayat 1001 Malam)

Letting Go: Perasaan dan Kemampuan Menjual