Workshop 7

Tak disangka ternyata yang menjadi MC dalam workshop ke tujuh kali ini adalah direktur dari Microsoft 365 untuk Indonesia yakni Bapak Yuche Sukaca. Beliau juga merupakan guru Bahasa Inggris saya di SMA Negeri 1 Pati yang sering sekali mengajak nonton film di lab bahasa saat pelajaran beliau. Tentu film yang ditonton sellau berbahasa Inggris.Alhamdulillah akhir-akhir ini jadi reunian sama guru-guru SMA, yang sebelumnya dapat bertemu Pak Didik sebagai verifikator kemarin Senin.

Kembali ke workshop kali ini yang bertemakan “Membuat Aplikasi Unit Kesehatan Sekolah dengan Microsoft Power Apps” oleh pembicara atas nama Bapak Roma Rampen, S.Kom, M.M., EMBA.  Tiga hal baru yang diperoleh dari beliau yakni kita mengerti dasar-dasar dari Power Apps, kita dapat menghubungkan data dengan control di power app dan kita mampu menambahkan fungsi dengan menggunakan formula. Power Apps merupakan bagian dari Microsoft 365 yang sudah terpasang secara gratis dan dapat dipasang di android, IOS maupun windows. Untuk mengoperasikan power Apss tidak dibutuhkan latar belakang pemograman jadi hanya membutuhkan kemampuan logika.

Dua hal yang patut ditiru yakni sistematika pembicara yang menggunakan slide tayangan untuk menjelaskan kepada peserta. Dengan begitu kita para peserta dapat dengan mudah memahami hal yang disampaikan oleh pembicara. Bahkan pembicara juga menyampaikan secara perlahan dan peserta dipersilakan bertanya jika belum jelas di saat beliau menyampaikan materi. Wajah beliau yang murah senyum juga membuat saya pribadi bisa lebih nyaman mengikuti workshop untuk tema ini, serasa ngobrol dengan seorang dokter yang bertangan dingin meskipun beliau bukan berprofesi sebagai dokter.  Hal menarik kedua adalah tentang pengalaman pembicara saat mengalami kesalahan treatmen di UKS dan itu menginspirasi beliau untuk mengajarkan kepada kita para peserta tentang penerapan power apps di UKS.

Satu hal yang akan dilakukan setelah mengikuti workshop tentu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Bapak Rampen sebagai pembicara. Berharap tugas akan diselesaikan ini dapat on time, memperoleh point optimal dan bermanfaat ke depannya untuk UKS di SPSS. Aamiin ya Allah😊🙇‍♀️

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menebus Rindu

Dari Tunggal Kembali Manunggal (Hikayat 1001 Malam)

Letting Go: Perasaan dan Kemampuan Menjual