Workshop 8

Ini menjadi refleksi terakhir untuk Month of Microsoft Technology Workshop dengan tema besar "Optimalisasi Teknologi Microsoft 365 dalam Pembelajaran". Seperti Selasa kemarin , pembicara kali ini diisi oleh Bapak Roma Rampen yang melanjutkan penjelasan tentang membuat aplikasi unit kesehatan sekolah dengan menggunakan microsoft power apps. Sedangkan hal cukup berbeda dengan pertemuan sebelumnya, untuk moderator kali ini tidak bersama Pak Yuche lagi melainkan bersama Mbak Rima. Jadi kita bisa sebut 2R atau O-A, pembicara oleh Bapak Roma dengan moderator Mbak Rima.

Tiga hal baru yang diperoleh pada pertemuan hari ini antara lain melakukan update data di power apps dengan menggunakan Patch(); menggunakan container dan toggle serta mengganti warna dan fungsi IF(). Selain itu kita juga belajar tentang cara menyembunyikan control dengan fungsi IF(); menggabungkan control dengan kontainer; publish aplikasi agar dapat digunakan dan sharing aplikasi sehingga dapat digunakan oleh orang lain. Dari semua penjelasan Bapak Roma memang benar bahwa jika kita sudah dapat mengoperasikan excel maka akan dengan mudah mengeksplore power apps karena cara kerja keduanya sama-sama memerlukan logika terutama saat memasukkan rumus.

Dua hal yang patut dicontoh dalam workshop kali ini yang pertama adalah gaya moderator dalam membawakan acara secara virtual terutama saat di pembukaan. Di awal sesi Mbak Rima meminta kita untuk saling sapa satu sama lain dengan meminta para peserta membuka microphone serta mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang sudah hadir tepat waktu. Kesan pertama dari moderator di awal acara workshop ini sungguh dapat  memberikan aura positif untuk sesi berikutnya. Terbukti bahwa saat Mbak Rima menyampaikan tentang ada beberapa peserta yang ijin untuk tidak hadir karena menjadi trainer mengisi kegiatan orbit guru merdeka maka Pak Roma tetap tersenyum dan merasa tidak masalah.  Mbak Rima juga menyampaikan bahwa peserta yang tidak hadir itu tetap menyimak recording serta apa yang diajarkan Pak Roma sangat bermanfaat.  Hal kedua yang perlu dicontoh pastinya pembawaan pembicara yakni Pak Roma yang terlihat santai, suaranya empuk dan penuh senyum plus sabar menjawab berbagai pertanyaan para peserta. Selain itu beliau juga tidak segan untuk meminta maaf terkait dengan pertemuan kemarin yang sempat terputus 10 menit sebelum acara berakhir. Tentu ini menunjukkan bahwa beliau  melakukan refleksi atas pertemuan sebelumnya dan itu perlu diteladani. 

Satu hal yang akan dilakukan adalah menyelesaikan tugas yang diberikan pembicara. Alhamdulillah tugas sebelumnya kita juga menggunakan aplikasi power apps sehingga insyaAllah lumayan terbiasa dengan pengalaman yang ada. Meski lumayan terbiasa, kita harus tetap memulai untuk mengerjakannya agar tidak tertumpuk dengan deadline-deadline yang lain. Sedikit demi sedikit kita kerjakan dan ada progress yang bertahap hingga tanggal 23 Maret 2023 sebelum Ramadhan sudah terselesaikan. Bissmillah😊🙇‍♀️



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menebus Rindu

Dari Tunggal Kembali Manunggal (Hikayat 1001 Malam)

Letting Go: Perasaan dan Kemampuan Menjual